Merdeka Belajar in Basic Mathematics Lectures: Perspectives of Prospective Elementary School Teachers

Authors

  • Hendra Susanto Universitas Sains Cut Nyak Dhien
  • Uci dwi cahya Universitas Sains Cut Nyak Dhien

Keywords:

Basic mathematics, kampus merdeka, elementary school teacher

Abstract

Dalam penilaian program Merdeka Belajar bagi mahasiswa
khususnya calon guru Sekolah Dasar, justifikasi dalam menilai
keberhasilan harus berdasarkan penelitian terkait data ilmiah dan
empiris. Tujuan penelitian ini untuk memahami pengalaman yang
diperoleh mahasiswa setelah menerapkan Merdeka Belajar di
perkuliahan. Metode penelitian yang digunakan kualitatif untuk
memberikan gambaran tentang bagaimana persepsi dikonstruksi
oleh siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen
penelitian MBKM yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan yang diuraikan oleh peneliti. Teknik pemilihan subjek
menggunakan purposive sampling karena hanya melibatkan siswa
yang mengikuti program MBKM secara aktif. Analisis data
menggunakan ide pemetaan yang dibuat berdasarkan transkripsi
dan tertulis dalam Google Form yang telah dikumpulkan untuk
dijadikan kode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
dampak positif bagi siswa dalam pembelajaran berbasis MBKM pada
aspek sosial. Pengalaman mahasiswa dalam perkuliahan MBKM
dirasa sangat dibutuhkan khususnya yang melakukan program
magang, meskipun dari aspek kognitif masih jauh dari harapan
karena kurangnya kemampuan mengajar di lokasi magang

Downloads

Published

2023-11-20