Pengaruh Penyimpanan Terhadap Stabilitas Sediaan Gel Facial Wash Ekstrak Etanol Daun Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis)

Authors

  • Rahmat Surya UNIVERSITAS SAINS CUT NYAK DHIEN

Keywords:

Carbopol, CMC, Daun Binahong, Determinasi, Facial Wash

Abstract

Indonesia adalah negara dengan kekayaan hayati memiliki sekitar 30 ribu jenis tanaman diantaranya 950 jenis memiliki fungsi penyembuhan yang selayaknya dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat. Binahong dapat tumbuh di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi yang banyak mengandung senyawa metabolit sekunder yang banyak dimanfaatkan  sebagai obat.

Peneltian ini dilakukan untuk mengetahui determinasi daun binahong segar, formulasi serta pengaruh penyimpanan terhadap stabilitas sediaan gel facial wash ekstrak etanol daun binahong dengan carbopol dan CMC sebagai gelling agent. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental yang dilakukan secara Rancangan Cara Lengkap terdiri dari konsentrasi ekstrak etanol daun binahong (anredera cordifolia). f1 35% carbopol dan f2 35% CMC. Hasil uji organoleptik memiliki bentuk cukup kental, dengan warna hijau pekat, dan menghasilkan aroma khas.Pengujian daya sebar gel menunjukkan nilai daya sebar yang berubah-ubah. Hal ini dipengaruhi oleh perubahan suhu dan tempat penyimpanan, sehingga nilai daya sebar yang diperoleh mengalami perubahan. Dari hasil pengujian tinggi busa gel facial wash ekstrak etanol daun binahong (Anredera Cordifolia) didapat dari kedua formula masih memenuhi kriteria stabilitas busa yang baik dan  stabil di kisaran stabilitas busa antara 3–10 cm.

Downloads

Published

2023-11-20