PENGARUH STIMULASI PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK PRA SEKOLAH DI TK TUNAS HARAPAN KANDIR LANGSA BARO

Authors

  • irma universitas sains cut nyak dhien
  • Suzi Dinda Damayanti

Keywords:

Bermain, Motorik Halus, Puzzle, Stimulasi

Abstract

Berdasarkan survei data awal yang dilakukan oleh peneliti, siswa
TK tunas harapan kandir langsa baro, didapatkan dari 11 anak terdapat 8 anak tidak dapat menyusun beberapa balok dan 3 anak dapat menyusun beberapa balok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh stimulasi permainan puzzle terhadap perkembangan motorik halus pada anak di tk Tunas Harapan Kandir. Metode dalam penelitian ini menggunakan one group pretes-posttes design dan analisis statistik menggunakan uji wilcoxon dengan tingkat kepercayaan 95% ὰ :0,05%. Populasi penelitian 35 anak dan sampel 15 anak dengan teknik random sampling. Setelah data terkumpul dengan menggunakan DDST selanjutnya dianalisa. Hasil penelitian Setelah dilakukan uji statistik didapatkan nilai p value (0,001) ὰ,< 0,05. Maka terdapat pengaruh perkembangan motorik halus anak sebelum dan sesudah dilakukan stimulasi permainan puzzle di TK Tunas Harapan Kandir Langsa Baro. Kepada pihak pengambil kebijakan di TK Tunas Harapan agar lebih memperhatikan tingkat pekembangan motorik halus pada anak pra sekolah.

Downloads

Published

20-03-2024