Peran Manajemen Kepemimpinan Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan pada Majelis Ta’lim Raudhatun Nisa’ Gampong Matang Seulimeng, Kota Langsa
Keywords:
Kualitas Pendidikan, Manajemen Kepemimpinan, Pelatihan SiswaAbstract
Penelitian yang berjudul “Peran Manajemen Kepemimpinan Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan Pada MajlisTa’lim Raudhatun Nisa’ Gampong Matang Seulimeng Kota Langsa”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa ada beberapa peranan manajemen kepemimpinan Majlis Ta’lim Raudhatun Nisa’ dalam memimpin pendidikan Majlis Ta’lim Raudhatun Nisa’ yaitu: menerapkan strategi pembelajaran personal dan kelompok kepada Kaum Ibu sebagai peserta didiknya, model personal dan kelompok dilakukan secara langsung dalam kegiatan belajar di pengajian kaum ibu Majlis Ta’lim Raudhatun Nisa’. Adapun faktor penghambat Majlis Ta’lim Raudhatun Nisa’ yaitu adanya faktor waktu seperti kurangnya peserta didik yang mengikuti kegiatan karena adanya kesibukan diluar, seperti acara keluarga ataupun yang lain,minimnya ketepatan penyampaian materi seorang guru kepada peserta didikdalam proses belajar mengajar serta faktor kepedulian guru dengan keadaan pelajarnya dalam menguasai pelajaran yang sedang diajarkan sehingga ada kaum ibu bisa menerima pelajaran yang disampaikan guru dan sebaliknya ada yang tidak bisa menerima pelajaran yang disampaikan guru tersebut. Dari penerapan strategi, konsep dan model diatas sudah baik dari segi peran manajemen kepemimpinan dan memiliki pengembangan organisasi yang baik pula, meskipun ada beberapa hambatan, namun hal tersebut dapat diatasi oleh solusi-solusi yang ada.