Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Geometri Melalui Media Gambar Siswa Kelas II SD Negeri I Kebun Baru Langsa Baro Kota Langsa
Keywords:
Geometri, Hasil Belajar, Media GambarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang belum cukup baik pada mata pelajaran Matematika kelas II SD Negeri I Kebun Baru. Hal ini disebabkan karena peserta didik menganggap matematika pelajaran yang sulit, serta dalam proses pembelajaran matematika belum menggunakan media untuk menyalurkan pesan kepada peserta didik sehingga mendorong terjadinya proses belajar. Disisi lain ada kecenderungan bahwa peserta didik kurang antusias ketika mengikuti proses pembelajaran berlangsung sehingga peserta didik tidak memahami materi yang mengakibatkan hasil belajar yang rendah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui media gambar pada mata pelajaran Matematika kelas II SD Negeri I Kebun Baru Tahun Pelajaran 2023/2024. Pada materi bangun datar. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus setiap siklus dilakukan 2 pertemuan. Subjek sebanyak 10 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi, tes dan dokumentasi serta teknik analisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa hasil belajar peserta didik pada siklus I 60% kemudian mengalami peningkatan sebesar 30% karena pada siklus II meningkat mencapai 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas II SD Negeri I Kebun Baru Tahun Pelajaran 2023/2024.