Penerapan Metode Gallery Walk Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Sikap Peduli Lingkungan Pada Pembelajaran IPAS Kelas V Di SDN 1 Alue Dua

-

Authors

  • Ida Safitri Universitas Sains Cut Nyak Dhien

Keywords:

Gallery Walk, Cognitive Ability, Environmental Care Attitude

Abstract

Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan  kemampuan kognitif siswa dan menanamkan kepedulian siswa pada lingkungan yaitu metode gallery walk. Metode gallery walk (pameran berjalan) menuntun siswa untuk membuat suatu skema sesuai hal-hal apa yang diperoleh dalam diskusi untuk dipajang di depan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dan sikap peduli lingkungan siswa setelah penerapan Metode gallery walk pada pembelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Pengujian perbedaan kedua rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan ”uji-t”. Data Sikap peduli lingkungan berupa penilaian angket. Analisis data dilakukan dengan mengkonversikan skala jawaban siswa dalam angket ke data kuantitatif. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan rata-rata nilai hasil belajar kelas kontrol yaitu (73,73> 65,00). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diketahui thit (2,498) >ttabel (2,018) α (0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Penerapan metode gallery walk dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan yaitu sebanyak 55% berada pada kategori peduli.

Published

2025-05-20