Menstrual Hygiene Management Remaja Disabilitas Intelektual Di SLB Negeri Kota Langsa
Keywords:
Disabilitas , Intelektual, Menstrual, Hygiene ManagementAbstract
Menstrual Hygiene Management (MHM) penting bagi remaja, termasuk mereka yang memiliki disabilitas intelektual, untuk mencegah masalah kesehatan terutama pada reproduksi. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran MHM pada remaja dengan disabilitas intelektual di SLB Negeri Kota Langsa. Penelitian menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan sampel seluruh siswi yang telah mengalami menstruasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden memiliki MHM kategori cukup (50,0%), sementara 22,2% berada pada kategori baik dan 27,8% pada kategori kurang. Penelitian ini melaporkan bahwa MHM siswi di SLB Negeri Kota Langsa tergolong cukup, dipengaruhi oleh kurangnya pendidikan kesehatan tentang kebersihan menstruasi yang mereka terima. Disarankan agar siswi dengan disabilitas intelektual mendapatkan pendidikan kesehatan menstruasi yang sederhana dan mudah dipahami, dengan dukungan aktif dari guru, keluarga, serta penyediaan fasilitas sanitasi yang memadai di sekolah.